HunianRumah.com

5 Peletakan Pintu Rumah Minimalis untuk Hunian Anda



5 Peletakan Pintu Rumah Minimalis untuk Hunian Anda – Sebagai akses keluar-masuk yang berfungsi untuk menghubungkan ruangan satu dengan yang lain, peletakan pintu di rumah Anda merupakan hal yang krusial. Pasalnya, pintu membutuhkan ruang kosong untuk sirkulasi. Dengan kata lain, peletakan furnitur harus mengikuti posisi dan bukaan pintu. Karena itu, merencanakan peletakan pintu dengan matang merupakan langkah tepat yang harus Anda ambil untuk mendesain rumah Anda senyaman mungkin.

5 pilihan cara menata lokasi pintu rumah minimalis yang bisa diterapkan dalam hunian Anda

5 Peletakan Pintu Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

Satu Pintu di Tengah

Pada posisi di tengah, dibutuhkan ruang sirkulasi di bagian depan serta di kiri dan kanan pintu. Peletakan ini umumnya dipakai untuk pintu-pintu utama, seperti pintu masuk halaman, pintu masuk rumah, atau pintu kamar tidur utama. Untuk memberikan kesan istimewa, Anda bisa menggunakan dua daun pintu yang dibuka dengan arah berlawanan pada pintu-pintu tersebut.

Satu Pintu di Pinggir

Jika Anda ingin menghemat ruang, meletakkan pintu di pinggir ruangan menjadi solusi yang tepat. Meski bagian belakang pintu tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal, namun ruang sirkulasi yang dibutuhkan untuk posisi ini tidak begitu banyak. Anda bisa menerapkan posisi ini untuk pintu kamar, dapur, kamar mandi, dan kamar kerja.

Dua Pintu Berseberangan

Jika Anda butuh meletakkan lebih dari satu pintu dalam sebuah ruangan, Anda bisa meletakkannya dalam posisi berseberangan. Posisi ini akan membantu adanya sirkulasi yang baik dan peletakan furnitur lainnya dengan mudah di dalam ruangan. Umumnya, pintu-pintu ini dipakai pada ruang-ruang perantara seperti foyer dan pantry.

Dua Pintu di Dinding yang Berdekatan

Desain peletakan pintu rumah minimalis lainnya adalah dua pintu yang diletakkan berdekatan dalam satu ruangan. Desain ini biasanya dipakai untuk ruang kamar yang memiliki kamar mandi dalam. Sebaiknya, Anda meletakkan pintu kamar di sebuah bagian dinding, sementara pintu kamar mandi di dinding yang ada di dekatnya.

Dua Pintu yang Saling Silang

Pilihan peletakan pintu yang terakhir ini sebenarnya membutuhkan banyak ruang sirkulasi, sehingga tidak cocok untuk rumah mungil atau apartemen. Jika Anda memiliki ruangan yang luas, Anda bisa menerapkan posisi yang unik ini. Namun, Anda harus merencanakan tata letak ruang secara detail untuk posisi ini karena pilihan penataan ruang menjadi semakin terbatas oleh posisi pintu.

Itulah 5 pilihan peletakan pintu rumah minimalis yang bisa Anda jadikan acuan sebelum merenovasi atau membangun rumah Anda. Pastikan Anda memilih desain yang paling sesuai untuk ukuran hunian Anda agar tata ruang dalam rumah bisa dimaksimalkan. Setiap posisi pintu, baik di tengah, di samping, ataupun di banyak sisi, akan membutuhkan kejelian dalam mengaturnya. Semakin jeli Anda menghitung ukuran masing-masing ruang, makin baik juga untuk penataan pintu di rumah minimalis Anda. (AE)

Tags: , ,

Gallery of 5 Peletakan Pintu Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

5 Peletakan Pintu Rumah Minimalis untuk Hunian Anda